Wednesday, March 05, 2008

Selasa Ini Jagad Divaksin

Selasa ini, 5 Februari 2008, Jagad kontrol perdana di RS Harapan Kita sesuai jadwal dari dokter anak. Aku sendiri memutuskan izin kantor untuk masuk siang.

Pukul 08.55, taksi Blue Bird membawa Jagad, mama Jagad (mulai hari ini, ibu peri diganti dengan mama Jagad-red), eyang putri, dan mbak pengasuh Jagad. Aku sendiri seperti biasa mengendarai James motorku. Asal tahu saja, pagi ini langit cerah. Matahari pagi yang lima hari ini memberi asupan gizi pada tubuh Jagad bertengger dengan kalemnya di awan-awan.

Setelah regristrasi, Jagad ditelanjangi untuk ditimbang. Seperti layaknya bayi lain, berat dan panjangnya untuk dua minggu pascakelahiran mengalami penyusutan. Penyusutannya tidak banyak. Jagad pun pamer tangisan di ruangan yang penuh dengan anak-anak sebayanya.

Usai ditimbang, kami masih harus antri konsultasi dengan dokter Yuliatmoko, dokter anak di sana. Kami mendapat urutan ke-8. Pukul 09.45, kami memasuki ruang kontrol dan konsultasi. Di ruang itulah, Jagad disuntik vaksin Hepatitis B dan Polio.

Dari hasil kontrol dokter berambut putih dan berkacamata oval itu, Jagad dinyatakan masih sehat-sehat saja. Tapi, dokter mengingatkan soal peran orang tua dalam membantu pertumbuhan fisik dan psikisnya. Menjaga emosi anak menjadi penting. Bayi sangat peka dengan emosi-emosi tak terlihat. Mama Jagad juga didaulat untuk makan makanan bergizi dalam porsi banyak. Terutama makanan yang membantu merangsang keluarnya air susu dengan lebih baik lagi. Dokter Yuliatmoko mengingatkan lagi cara menyusui bayi yang baik dan tepat. Lalu menyarankan kami agar selalu mengajak Jagad berkomunikasi tentang apa saja dan memberinya sentuhan personal. Bayi akan peka apakah dirinya diperhatikan dan disayang orang tuanya atau tidak.

Pukul 10.10, usai memberesi administrasi, Jagad pulang ke rumah bersama mama Jagad, eyang putri, dan mbak. Aku sendiri langsung meluncur ke kantor di Kelapa Gading. Bekerja.

Sehat-sehat saja ya, Nak!

5 comments:

Anonymous said...

Setelah sekian lama nggak mampir di blog Musafir Muda ini, pagi ini ternyata aku menemukan berita gembira....... Selamat ya atas kelahiran putra pertamanya, semoga kehadiran sang peri kecil menambah kebahagian kedua orang tuanya.
*Sahabatnya OOm*

aureliaclaresta said...

anakmu lebih mirip kamu, atau ibunya, mas???

Roy Thaniago said...

Jagad,
ketemu 'ta cubit nanti..!!
Ayo bergulat dgn Balin!

budipru said...

weh, roy jangan ngajarin kekerasan yah :p secara gue bapaknya balin gak boleh donk bergulat sama jagad, kasian lagi ntar jagad kalah :D balin khan dah bisa merangkak...

Benny said...

halo git,
selamat ya untuk anakmu. ndherek bingah. aku sebenarnya di indonesia selama 6 bulan kemarin untuk penelitian. sayang gak sempat ngontak kamu. oke dah, salam sekali lagi ya.

beni juliawan